Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 01 Oktober 2012

Penelitian


ABSTRAK PENELITIAN

Penelitian oleh : Anwar Ashari, SE. NIP. 198605212011011009. KSK Belitang Jaya BPS Kabupaten OKU Timur, BPS Provinsi Sumatera Selatan. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja KSK pada BPS Kabupaten OKU Timur.
Reformasi Birokrasi BPS menuntut setiap insan BPS untuk merubah sikap dan prilaku mereka dalam bekerja sehingga melahirkan kinerja yang maksimal. Tuntutan tersebut tentu berlaku bagi KSK untuk berubah agar kinerja mereka menjadi lebih baik lagi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kinerja KSK pada BPS Kabupaten OKU Timur yang diduga dipengaruhi oleh rendahnya motivasi dan lingkungan kerja yang kurang kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja KSK, kedua untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja KSK dan ketiga untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja secara bersama – sama terhadap kinerja KSK pada BPS Kabupaten OKU Timur.
Kerangka penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kerangka penelitian eksplanatoris (explanatory research) yang berupaya menjelaskan pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja KSK pada BPS Kabupaten OKU Timur melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Dua faktor yang diduga mempengaruhi kinerja KSK tersebut di uji baik secara parsial maupun bersama – sama. Hasil pengujian menunjukkan persamaan regresi berganda Y = 25,863 + 0,476X1 + 0,664X2 . Arti persamaan ini adalah nilai konstanta sebesar 25,863 menyatakan bahwa jika tidak ada motivasi dan lingkungan kerja maka kinerja KSK akan bernilai 25,863. Nilai koefisien regrasi variabel X1 sebesar 0,476  menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai skor motivasi akan meningkatkan kinerja KSK sebesar 0,476. Sedangkan nilai koefisien regresi variabel X2 sebesar 0,664 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai skor lingkungan kerja akan meningkatkan kinerja KSK sebesar 0,664. Dari Uji t dan Uji F dapat kesimpulan pengujian hipotesis bahwa baik secara parsial maupun bersama – sama, motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh kuat terhadap kinerja KSK BPS Kabupaten OKU Timur.
           Saran yang peneliti berikan kepada Pimpinan BPS khususnya Pimpinan BPS Kabupaten OKU Timur adalah sebaiknya Kepala BPS Kabupaten OKU Timur tetap memperhatikan motivasi para KSK, memperhatikan lingkungan kerja KSK dan lebih memperhatikan tuntutan Reformasi Birokrasi BPS mengenai perubahan bagi setiap insan BPS terhadap sikap dan prilaku dalam bekerja sehingga melahirkan kinerja yang maksimal. Hal ini dikarenakan kinerja KSK BPS Kabupaten OKU Timur masih biasa saja. Upaya peningkatan harus diupayakan oleh KSK dan semua jajaran BPS Kabupaten OKU Timur.

Lengkapnya lihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar